About Me

My Blog List

= mrDarmian
  • kuliner
  • susana
  • uci
  • cindy
  • a href=http://owisata.blogspot.com>juariyah
  • Author

    Foto Saya
    vitha_nobita
    aku ya aku,bukan orang lain,aku ingin jadi orang yang superstar biar semua orang tau kalau aku patut untuk dibanggakan bukan untuk diremehkan atau dicemohkan
    Lihat profil lengkapku

    Followers

    Selasa, 01 November 2011

    pertanian,lahan terbatas

    DI KOTA cosmopolitan menanam sayur dan buah-buahan? Mengapa tidak? Keterbatasan lahan ternyata tak menjadi alasan warga RW 01 Kelurahan Pancoran, Pancoran, Jakarta Selatan untuk bercocok tanam.

    Malah warga setempat kini getol bertanam sayuran. Maklumlah di musim kemarau ini harga sejumlah sayuran juga bumbu dapur sedang meroket. Padahal anak-anak tetap harus mendapat asupan gizi yang cukup termasuk sayur-mayur.Sementara selain sayuran, harga sejumlah kebutuhan pokok hingga kini juga masih stabil mahal.

    Camat Pancoran, Asril Marzuki didampingi Ketua TP-PKK Kecamatan Pancoran Devi Indriyani menjelaskan, pemanfaatan halaman dan lahan yang ada untuk mendukung program penghijauan yang kini digalakkan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo berkaitan prorgam ijo royo-royo. Serta meminimalisir tingkat polusi udara di Ibukota.

    Sekaligus pula lanjutnya, untuk pembudidayaan tanaman produktif demi mendongkrak penghasilan warga. Minimal hasil budidaya warga bisa dikonsumsi sekeluarga dan tampil lebih sehat pula lantaran tanpa menggunakan pupuk kimia.

    Terobosan tersebut diakui Asril kini semakin digelorakan bagi segenap warganya yang bermukim di 6 kelurahan. Meliputi Kelurahan Pancoran, Rawa jati, Pengadegan, Cikoko, Kalibata dan Duren Tiga.

    Seperti yang sudah dilakukan warga RW 01 Kelurahan Pancoran dengan bimbingan Camat, Lurah hingga serangkaian pelatihan dari Sudin Pertanian dan Kehutanan Jaksel.

    Warga kata Ketua RW 01 Kel. Pancoran H. Moh. Soleh, kini aktif menanam sejumlah tanaman organik seperti sawi hijau, slada, kangkung, bayam, kacang panjang, buncis, terong, cabe merah. Juga buah-buahan misalnya nanas yang sudah beberapa kali dipanen, mangga, jambu air serta tanaman obat keluarga (toga) diantaranya jahe, kunyit dan langkuas.

    Minimnya lahan setempat, oleh warga RW 01 sejumlah sayuran organik dibudidayakan di talang air (lisplang) yang disusun bertingkat hingga tiga lapis. “Kami berinisiatif menanam sebagian sayuran di talang karena lahan di sini sangat terbatas,” imbuh Moch. Soleh yang diamini sejumlah warga lainnya.

    Ketua TP-PKK DKI Tatiek Fauzi Bowo didampingi Ketua TP-PKK Jaksel Astati Syahrul Effendi dan Walikota Jaksel Syahrul Effendi memuji inisiatif dan kreativitas warga dan para ibu rumah tangga di RW 01 Kelurahan Pancoran dalam menyiasati keterbatasan yang ada. (Rachmi/b)
    Bookmark and Share
    Baca Juga

    Ribuan Truk Antre di Merak – Bakauheni, Harga Sayur Mayur Naik
    Harga Kembang Kol Naik Gila-gilaan

    Komentar Terkini (1 Komentar). Kirim komentar anda disini

    Redaksi: redaksi[at]poskota.co.id
    Jl. Gajah Mada 100, Jakarta Tel. (021) 6334702, Fax: (021) 6348968
    Email: iklan[at]poskota.co.id

    Populer

    Brondong Bu Guru TK

    – Sebagai guru TK Wahyuni, 40 (bukan nama
    Kepergok “rawat” Bini Orang

    LELAKI dari Puskesmas Air Besar (Kalbar) ini bernafsu
    Saat Selingkuh Jadi “Berkah”

    SEBENARNYA Fitri, 30, sudah lama ingin cerai dari
    Penjual Kasur Malah Syurrr

    – Nekad banget Kasmudin, 34(bukan nama sebenarnya), jadi
    Terpikat Janda Sebelah

    - Paling cocok Muhdi, 40 (bukan nama sebenarnya),

    0 komentar:

    BEAUTIFULL
    Diberdayakan oleh Blogger.

      © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

    Back to TOP