About Me

My Blog List

= mrDarmian
  • kuliner
  • susana
  • uci
  • cindy
  • a href=http://owisata.blogspot.com>juariyah
  • Author

    Foto Saya
    vitha_nobita
    aku ya aku,bukan orang lain,aku ingin jadi orang yang superstar biar semua orang tau kalau aku patut untuk dibanggakan bukan untuk diremehkan atau dicemohkan
    Lihat profil lengkapku

    Followers

    Senin, 31 Oktober 2011

    perkebunan syur organik

    Perkebunan Sayur Organik Kurang Dikembangkan
    By Republika Newsroom
    Senin, 10 November 2008 pukul 10:25:00
    Font Size A A A
    Email EMAIL
    Print PRINT
    Facebook
    Bookmark and Share
    Perkebunan Sayur Organik Kurang DikembangkanSRAGEN.GO.ID

    OPTIMAL: Penanaman sayur organik belum dimanfaatkan secara optimal oleh para petani. Padahal peluang pasar organik semakin luas.

    YOGYAKARTA-- Tanaman sayuran organik kurang dikembangkan oleh petani di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), padahal peluang pasarnya cukup luas.

    "Sangat disayangkan, peluang pasar sayuran organik yang cukup luas tidak dimanfaatkan petani di Bantul," kata Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Bantul Edi Suharyanto, Senin (10/11).

    Dia mengatakan, kesadaran petani di Bantul untuk menanam sayuran organik masih sangat terbatas. "Mereka menanam sayuran organik hanya pada musim tertentu saja, semestinya menanam di segala musim karena harga jualnya bisa tinggi, dan ini akan memberi keuntungan lebih banyak lagi bagi petani," katanya.

    Akibatnya, kata dia, pada masa-masa tertentu stok sayuran organik di pasaran sering kosong.

    Menurut Edi, pola pikir petani sayuran di Kabupaten Bantul masih terfokus hanya pada volume produksi, dan mereka belum bisa diarahkan ke orientasi bisnis.

    "Respon petani sayuran di kabupaten ini umumnya agak lamban, hanya petani-petani muda dan tokoh petani yang sudah bisa diarahkan ke orientasi bisnis," katanya.

    Kata dia, sayuran organik mulai dikembangkan di Bantul sejak dua tahun terakhir. Sayuran jenis ini ditanam di kantung plastik atau yang biasa disebut 'polybag'.

    Sekitar 13.000 polybag berisi tanaman sayuran organik tersebar di beberapa wilayah di Kabupaten Bantul. Dua daerah penghasil sayuran organik terbesar di kabupaten ini adalah Desa Argorejo, Kecamatan Sedayu dan Desa Gilangrejo, Kecamatan Pandak.

    0 komentar:

    BEAUTIFULL
    Diberdayakan oleh Blogger.

      © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

    Back to TOP